NEWS
DETAILS
Rabu, 04 Mar 2020 16:07 - Honda Bikers Pekanbaru

Siak - Sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas, PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau terus melakukan sosialisasi dan mengampanyekan safety riding kepada masyarakat, khususnya para pelajar.

Bertajuk 'Kemana pun Perginya, Selalu Cari_Aman', tim Safety Riding Capella Honda Riau memberikan esukasi keselamatan berkendara kepada 75 siswa-siswi SMK Swasta Sultan Syarif Qasim, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Selasa 3 Maret 2020.

Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Abdullah Hamdi menuturkan, dalam kesempatan itu ia berbagi cara berkendara aman di jalan raya, mulai dari persiapan sebelum berkendara, pengecekan kendaraan, 7 Postur berkendara, hingga kiat menghadapi prediksi bahaya di jalan.

"Ada 7 hal yang harus diperhatikan agar nyaman dan tidak mudah lelah saat berkendara yakni, pandangan fokus ke arah yang dituju, pundak rileks, siku agak ditekuk sebagai suspensi tubuh saat melewati jalanan yang tidak rata," ujarnya.

"Kemudian, tangan menggengam stang dengan kuat, pinggul di posisi yang seharusnya jangan duduk terlalu ke depan atau terlalu belakang, lutut menjepit tangki untuk motor sport, sedangkan lutut tidak melebihi cub motor untuk motor matic dan kaki berada di tempat pijakan," terangnya.

Hamdi menuturkan, beberapa hal lainnya yang tidak kalah penting untuk tetap aman saat berkendara, ialah pengecekan kendaraan, teknik berboncengan, serta teknik pengereman juga penting diketahui.

"Saat lelah, disarankan beristirahat agar kondisi tubuh kembali fit dan fokus, jangan berkendara dalam kondisi pengaruh obat-obatan dan tetap menggunakan perlengkapan berkendara yang disarankan," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Fitri Hidayat mengucapkan terimakasih kepada tim Safety Riding Capella Honda Riau serta perwakilan CDN So Kandis dalamskegiatan afety riding education ini.

"Harapan saya, para siswa nantinya dapat menyimak dan mengaplikasikan serta menjadi pelopor keselamatan berkendara buat diri sendiri, keluarga, teman dan masyarakat Kandis khususnya," sebutnya.

Terpisah, Andreas alberto selaku Pimpinan PT CDN So Kandis mengungkapkan, di Kecamatan Kandis ini, sudah banyak terjadi kecelakan yang di sebabkan karena pelanggaran dari pengendara sepeda motor tanpa memperhatikan pengguna jalan raya lainnya.

"Untuk itu, PT AHM bukan saja memproduksi motor, tapi juga peduli kepada pengendaranya. Semoga dengan sharing ini, para peserta didik dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara dan mencapai tujuan bersama, zero accident," pungkasnya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK