NEWS
DETAILS
Selasa, 28 Feb 2023 09:57 - Honda Bikers Pekanbaru

Pekanbaru–  PT Astra Honda Motor (PT AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (PT CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau konsisten melanjutkan campaign #Cari_Aman untuk generasi muda penerus bangsa. Kali ini SMKS Taruna Pekanbaru berkesempatan berkunjung ke Honda Safety Riding Center PT. Capella Dinamik Nusantara untuk langsung berpartisipasi mengikuti training skill dasar berkendara sepeda motor.

Indra pandiangan selaku guru pendamping yang hadir mengucapkan terimakasih kepada PT. Capella Dinamik Nusantara yang telah mengundang siswa/i SMKS Taruna Pekanbaru untuk mengikuti kegiatan safety riding edukasi di Honda Safety Riding Center PT. Capella Dinamik Nusantara. Ilmu yang diberikan pada saat sesi teori 14 februari 2023 lalu bisa langsung dipraktekkan peserta di Honda Safety Riding Center PT. Capella Dinamik Nusantara mulai dari cara pengecekan sebelum berangkat, postur berkendara, cara menstandarkan motor, cara pengereman, mengenal karakter sepeda motor, dan teknik dasar keseimbangan. Harapannya semoga setelah training ini peserta siap untuk berkendara aman saat mereka sudah memiliki sim karena telah dibekali dengan ilmu teknik dasar berkendara roda dua.

Arif Rahman Hakim selaku Safety Riding Instruktur Safety Riding Honda di sesi praktek menyampaikan Behel Motor atau Handle belakang motor diproduksi bukan sebagai pegangan pengendara saat berboncengan melainkan sebagai alat bantu pengendara untuk parkir menggunakan standar tengah. menggunakan standar tengah motor saat parkir mungkin dianggap membutuhkan tenaga ekstra karena harus menarik bagian belakang motor. Sebenarnya, jika mengetahui teknik yang tepat, maka tidak perlu memakai tenaga ekstra, pengendara sepeda motor cukup mengandalkan berat badan saat melakukannya. Berikut tahapan yang dilakukan pada saat parkir motor menggunakan standar tengah:

  1. Posisikan motor pada bidang yang datar agar motor lebih seimbang dan ringan saat menggunakan standar tengah.
  2. Posisikan tubuh berdiri pada samping kiri motor.
  3. Pastikan aman dengan melakukan safety cek berupa melihat kondisi ke arah belakang.
  4. Posisikan tangan kiri memegang handle kiri dengan jari siap pada tuas rem. Sedangkan posisi tangan kanan siap pada behel jok belakang.
  5. Lepaskan standar samping, pastikan motor berdiri tegak, dan luruskan roda depan.
  6. Injak tuas standar tengah dengan kaki kanan, karena memiliki kekuatan yang lebih baik saat menginjak tuas standar tengah pastikan kedua tuas standar tengah menapak pada bidang datar.
  7. Angkat kaki kiri perlahan saat kaki kanan menginjak tuas standar tengah. Gunakan bantuan berat badan saat menginjak tuas standar tengah.
  8. Tangan kiri menarik handle kiri ke arah belakang dan tangan kanan membantu mendorong dengan gerakan ke arah belakang.
  9. Setelah berhasil, posisikan sepeda motor sesuai dengan arah yang benar. Tetap utamakan keamanan dengan posisikan handle ke kiri, lalu kunci sepeda motor.

“kami akan konsisten menemani masyarakat dalam menghadirkan pengalaman berkendara yang aman dengan Instruktur Safety Riding yang tersertifikasi, materi safety riding yang bermanfaat disesuaikan dengan kebutuhan peserta dan produk yang aman bagi penggunanya. Mari bergabung dengan generasi #Cari_Aman dengan mengikuti training safety riding untuk meningkatkan kemampuan dalam berkendara, konsisten menggunakan riding gear saat berkendara serta jadilah row model dengan menjadi pengendara yang taat pada aturan lalu lintas. #Cari_aman saat naik motor, pesan keselamatan berkendara untuk masyarakat Indonesia ”, komentar Jonny Winata selaku Sales Dept. Head PT Capella Dinamik Nusantara terkait acara.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK